My Chemical Romance : Profile

17.41

My Chemical Romance didirikan di New Jersey, Amerika, pada tahun 2001 oleh Gerrard Way dan Matt Pellisier. Setahun setelah didirikan, mereka sudah masuk dapur rekaman, saat itu dibawah naungan Eyeball Records dan merilis album pertama I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love pada tahun 2002. Tahun berikutnya mereka berpindah ke bawah Reprise Records dan merilis major label pertama mereka Three Cheers for Sweet Revenge di tahun 2004. Album ini sukses secara komersial dan telah terjual lebih dari 1 juta copy. Band ini menyempurnakan kesuksesan mereka yang sebelumnya, dengan merilis album ke tiga mereka The Black Parade. saat masih berupa konsep, album The Black Parade ini sudah menerima berbagai sambutan positif dari fans maupun pengamat musik. Melalui album ini, mereka juga mendapatkan berbagai penghargaan internasional. Saat ini mereka masih menyelesaikan album keempat mereka Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys.

Awal karir

Seminggu setelah musibah 11 September, yakni kejadian tertabraknya gedung World Trade Center oleh sebuah pesawat terbang, Gerrard Way terinspirasi untuk mendirikan sebuah band yang waktu itu hanya berisi Way dan temannya Matt. Way menulis sebuah lagu berjudul "Skylines and Turnstiles" untuk mengekspresikan musibah 11 September itu. 

Tidak lama kemudian, Ray toro direkrut karena waktu itu Way tidak bisa menyanyi sambil bermain gitar bersamaan. Nama band mereka pertama kali diajukan oleh bassist mereka, Mikey Way, adik Gerrard Way, yang bekerja di sebuah perpustakaan. Pada suatu hari, pandangan Mikey Way terpaku pada sebuah buku berjudul "Ecstacy: Three Tales of Chemical Romance", lalu dia memberi usulan nama My Chemical Romance, walaupun Mikey sebenarnya bukan personil band Gerrard waktu itu. Gerrard Way akhirnya menyetujui nama itu. 

Rekaman pertama mereka lakukan di studio pribadi milik Pellisier, dimana dua lagu direkam waktu itu, yakni Our Lady Of Sorrows (yang akhirnya diubah judulnya menjadi "Bring More Knives") dan Cubicles. Setelah mendengarkan rekaman kedua lagu tersebut, Mikey tertarik untuk bergabung setelah kuliahnya gagal,dan berhenti karena Drop Out. 

Saat di bawah eyeball Records, mereka bertemu dengan Frank Iero, yang merupakan vokalist dan gitarist Pencey Prep. Saat Pencey Prep pecah pada tahun 2001-2002, Frank Iero masuk menjadi member My Chemical Romance, hanya beberapa hari sebelum proses rekaman album pertama mereka. Mereka menyelesaikan album pertama mereka "I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love", dengan formasi band mereka yang baru 3 bulan terbentuk waktu itu.

Awalnya lagu mereka tidak terlalu banyak didengar dan diminati. Bahkan album mereka masuk daftar "Infamous venue", yang membuat mereka melakukan evaluasi. Untuk menyiasati hal itu, My Chemical Romance mempromosikan lagu mereka secara free melalui internet dan dapat di download secara free juga. Dari situ, mereka mendapat cukup banyak tanggapan positif, dan fans mereka pun bermunculan.

Terobosan

Pada tahun 2003, band ini telah mengikat kontrak dengan Reprise Records. Dengan mengiringi tour Avenged Sevenfold, mereka menyusun album kedua mereka, "Three Cheers for Sweet Revenge". Dirilis pada tahun 2004, album ini mendapat Platinum hanya dalam 1 tahun. Mereka merilis 4 singles dalam album ini, yaitu Thank You for the Venom, I'm Not Okay (I Promise), Helena, dan Ghost of you. Pada waktu itulah, mereka menggantikan posisi drummer mereka Matt Pellisier dengan Bob Bryar, setelah mereka pulang dari tur mereka di Jepang pada July 2004. Pada tahun 2005, mereka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sebuah tur besar, bersama GreenDay yang saat itu sedang mengadakan tur untuk American Idiot mereka.

The Black Parade (2006-2008)


The Black Parade (2006-2008) Pada tanggal 3 Agustus 2006, mereka berhasil menyelesaikan video untuk dua singles dari album mereka, Welcome to the Black Parade, yang menjadi single pertama mereka untuk album ini serta Famous Last Word. khusus Famous Last Word, meski telah selesai, namun video clip ini tidak dirilis hingga januari 2007. 

Saat Pengambilan gambar untuk video clip single kedua mereka tersebut, sang vokalis Gerrard Way dan Drummer baru mereka, Bob Bryar, mengalami kecelakaan yang mengharuskan mereka menghentikan proses pembuatan video clip tersebut.

Album The Black Parade bisa dibilang album paling sukses dari My Chemical Romance. Sebuah majalah asal Amerika menyebutkan bahwa The Black Parade masuk dalam "4 Greatest Album of the Year" waktu awal perilisannya pada tahun 2006. Melalui album ini, My Chemical Romance juga memenangkan penghargaan "The Best International Band NME Awards" pada tahun 2007, sekaligus mengantarkan vokalisnya, Gerrard Way, memenangkan penghargaan "Hero Of The Year". My Chemical Romance juga masuk nominasi "Best Alternative Group of the Year" pada American Music Award.

Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys, Kepergian Bryar (2009-sekarang)

Pada 1 February 2009, My Chemical Romance merilis singles mereka Desolation Row. Lagu ini menjadi ending dari sebuah film tahun 2009 berjudul Watchmen. Pada 27 Mei 2009, web desainer mereka Jeff Watson, mengatakan bahwa band mereka akan kembali merilis album keempat mereka dalam beberapa minggu yg di produseri oleh Brendan O'Brien.

Gerrard Way mengatakan bahwa album mereka selanjutnya akan kembali pada genre Rock mereka. Dia juga mengatakan bahwa untuk album selanjutnya, mereka tidak akan membuat sebuah theatrical videoclips seperti yang mereka lakukan pada The Black Parade.

Pada 3 Maret 2010, Iero memberi pernyataan melalui website mereka, bahwa Bryar telah meninggalkan My Chemical Romance. Melalui website itu juga, Iero berkata bahwa My Chemical Romance sangat menyayangkan keputusan Bryar, dan mengatakan kalau band mereka tidak akan menganggap hal ini sebagai sesuatu masalah kecil. Pada Juli 2010, Gerrard Way memberikan pernyataan pada publik bahwa proses rekaman album keempat mereka telah selesai.

Style Music

Secara general, Aliran Music My Chemical Romance dikategorikan sebagai alternative rock, post-hardcore, punk revival, pop punk, serta yang paling kontroversial emo. Melalui website, mereka secara resmi menyatakan bahwa aliran musik mereka adalah "rock" atau "violent, dangerous pop". Pentolan band itu, Gerrard Way, menolak band mereka disebut beraliran emo. Dia lebih suka menyebut style band mereka sebagai What-else-ya-got-emo

Band Members 

Member saat ini:
Gerrard Way – lead vocals (since 2001)
Ray Toro – lead guitar, backing vocals (since 2001)
Frank Iero – rhythm guitar, backing vocals (since 2002)
Mikey Way – bass guitar (since 2001)
Mantan member dan additional player :
Bob Bryar – drums (2004–2010)
Matt Pelissier – drums (2001–2004)
James Dewees – keyboards, percussion, backing vocals (2007–2009)

Discography 

Album :
I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love (2002)
Three Cheers for Sweet Revenge (2004)
The Black Parade (2006)
Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys (2010)

Penghargaan dan Nominasi 

Grammy Award 2008 Best Boxed or Special Limited Edition Package - The Black Parade
Kerrang! Award - Won for Best Band on the Planet in 2006
Kerrang! Award - Won "Best International Band" in 2007
Kerrang! Award - Won "Best Album" for Three Cheers for Sweet Revenge
Kerrang! Award - Won "Best Video" for Helena" in 2005
2005 MTV Video Music Awards - Nominated for Best New Artist in a Video for "Helena"
2005 MTV Video Music Awards - Nominated for Best Rock Video for "Helena"
2005 MTV Video Music Awards - Nominated for Best Choreography in a Video for "Helena"
TRL Italy Award - Nominated for Best New Artist
TRL Award 2006 - Won for Best Group That Actually Plays[
MTV Asia Awards 2006 - Nominated for Favorite Rock Act
MTV Asia Awards 2006 - Nominated for Favorite Breakthrough Artist
MTV Asia Awards 2006 - Nominated for Favorite Video for "Helena"
NME Awards - Won for "Best International Band" in 2007
15th Annual Music Video Production Awards - Won for Best colorist/telecine for "Helena" and Best Styling for "The Ghost of You

43 Fakta Tentang My Chemical Romance
  1. Pada awal pembentukannya, My Chemical Romance terdiri dari Gerard Way (vokalis), Mikey Way (bassist), Frank Iero (gitaris), Ray Toro (gitaris), dan Matt Pelissier (drummer).
  2. Sang drummer, Matt keluar dari My Chemical Romance setelah mereka tur di Jepang. Matt keluar dari My Chemical Romance karena saat itu ada salah satu familinya yang meninggal.
  3. Setelah Matt Pelisser keluar, Bob Bryar pun menggantikan posisinya.
  4. Bob Bryar sebenarnya seorang drummer jazz bukan drummer rock, karena itu ia sering mengalami cedera seperti terkilir.
  5. Pada Maret 2010, Bob Bryar keluar dari My Chemical Romance.
  6. Saat menggarap album Danger Days : The True Lives of The Fabulous Killjoys, My Chemical Romance belum mempunyai drummer tetap.
  7. Mike Pedicone menggantikan posisi drummer My Chemical Romance yang kosong.
  8. Gerard Way dan Mikey Way adalah kakak-adik.
  9. Gerard Way pernah menjadi penulis komik.
  10. Gerard pernah dibilang homo karena penampilan barunya di album The Black Parade, namun sesungguhnya penampilan barunya itu bertujuan untuk menyingkirkan kesan emo pada dirinya.
  11. Gerard juga pernah dikira homo gara-gara dia pernah ciuman sama Frank dan Mikey. Ada yg bilang Gerard dulu emang homo. Tapi, menurut saya, kayaknya ciuman tuh jadi salam khas buat para penyanyi disana. Liat aja, si Billie Joe, vokalis Green Day pernah ciuman sama Tre Cool, drummer Green Day.
  12. Lagu-lagu di album The Black Parade sebagian besar bertemakan hal-hal yang berhubungan dengan kematian.
  13. My Chemical Romance suka menyisipkan kata ‘motherfu*cker’,Fucking pada beberapa lagu seperti Save Yourself, I’ll Hold Them Back, You Know What They Do To Guys Like Us In Prison dan House of Wolves.
  14. Gerard sering sekali ganti-ganti gaya rambut. Pada album 1-2, rambutnya berwarna hitam panjang. Pada album ke 3, rambutnya putih pendek. Pada album ke 4, rambutnya berwarna merah bergaya Elvis.
  15. Satu-satunya personil My Chemical Romance yang ga pernah ganti gaya rambut adalah Ray Toro. Dari dulu sampe sekarang rambutnya tetep kribo warna coklat.
  16. Konon, saat My Chemical Romance rekaman untuk album The Black Parade, studio yang mereka pakai berhantu!
  17. Pernikahan Gerard Way dilaksanakan secara sederhana
  18. Gerard Way menikah dengan personil Mindless Self Indulgence, Lyn-Z. Mereka mempunyai seorang anak perempuan yang diberi nama Bandit Lee Way. Aneh bener ya..
  19. Mikey Way menikah dengan Alicia Simmons.
  20. Frank Iero menikah dengan Jamia, mereka sudah memiliki dua anak kembar sekarang.
  21. Ray Toro menikah dengan Christa.
  22. Setelah meliris album The Black Parade, My Chemical Romance tidak membuat album lagi selama 4 tahun.
  23. Gerard suka mengikuti gaya Freddie Mercury dan Marilyn Manson saat bernyanyi di panggung, tapi dia enggak pernah ngaku.
  24. Ray Toro main gitar pake Gibson Les Paul
  25. Frank Iero yang biasanya berambut gondrong memotong rambutnya beberapa waktu setelah dilirisnya album Danger Days.
  26. Frank Iero dulunya adalah personil band Pencey Prep.
  27. Menurut para MCRmy, Mikey Way adalah personil band yang paling pendiam.
  28. Gerard Way adalah salah satu saksi hidup peristiwa 11/9. Saat kejadian, Gerard sedang berada di dekat World Trade Center
  29. Lagu Skyline adn Turnstiles diciptakan Gerard berdasarkan pengalamannya menyaksikan peristiwa 11/9 itu.
  30. Lagu Teenagers diciptakan Gerard karena ia merasa prihatin dengan para remaja yang terlalu banyak diatur oleh orang dewasa.
  31. Menurut para personil My Chemical Romance, lagu Na Na Na adalah lagu terkonyol yang pernah mereka ciptakan.
  32. Gerard menciptakan lagu I’m Not Okay karena pada saat kuliah ia pernah menyukai seorang gadis. Sialnya, gadis itu ternyata sudah punya pacar. Dan, yg lebih parah, sebuah foto syur gadis tersebut dan pacarnya tersebar di kampus. Saat itu pun perasaan Gerard campur aduk ga karuan, dan akhirnya terciptalah lagu ini.
  33. Di website resmi My Chemical Romance, para MCRmy boleh mengejek dan mengolok-olok mereka dengan bebas. Lho??
  34. Negara yang paling disukai oleh para personil My Chemical Romance adalah Jepang.
  35. Karena itu, saat Jepang terkena gempa dan tsunami beberapa waktu lalu, My Chemical Romance menciptakan tembang berjudul #singitforjapan. Sebenernya, lagu ini cuma versi acousticnya Sing.
  36. Di album Danger Days, Gerard, Mikey, Frank, dan Ray berperan sebagai killjoy atau pengganggu. Gerard berperan sebagai Party Poison. Mikey berperan sebagai Kobra Kid.Frank berperan sebagai Fun Ghoul. Ray berperan sebagai Jet-Star.
  37. Petualangan ‘killjoys’ cuma diceritakan di video clip Na Na Na dan Sing. Pada video clip Planetary (GO!) gak ada lagi petualangan ‘killjoys’ karena pada video clip Sing, para ‘killjoys’ diceritakan sudah mati tertembak.
  38. Di album Danger Days, ada lagu berjudul Party Poison dan Jet-Star and The Kobra Kid/Traffic Report, tapi ga ada lagu yang judulnya mengandung kata Fun Ghoul.
  39. Ada dua bonus lagu dari album Danger Days: The True Lives Of The Fabulous Killjoys’ yaitu "WE DON'T NEED ANOTHER CALIFORNIA SONG" dan "BLACK DRAGON FIGHTING SOCIETY"
  40. My Chemical Romance sudah dua kali kehilangan drummer.
  41. Rencananya, lagu Bulletproof Heart akan menjadi single keempat di album Danger Days.
  42. Lagu Cancer adalah lagu yang paling kelam yang pernah diciptakan oleh My Chemical Romance. Lagu Cancer menceritakan tentang orang yang terkena sakit kanker.
  43. Di video clip The Ghost of You, diceritakan Mikey Way tewas saat berperang.

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

Tambahin link download albumnya dong gan. :D

Balas